9/17/2010

The Ghost Writer (2010)


The Ghost Writer
Roman Polanski, UK, 2010
128 min/Color/Thriller
Ghost Writer:
–noun
"a person who writes one or numerous speeches, books, articles, etc., for another person who is named as or presumed to be the author."
Selama dua dekade terakhir kita dicekoki film-film produksi Hollywood dengan style yang bersumber dari video-video musik khas MTV. Tak heran bila banyak kritikus yang berujar bahwa kebanyakan film-film sekarang ini tidak mempunyai hati, dan itu boleh jadi benar. Beruntung kita masih mempunyai seorang Roman Polanski. Lewat "The Ghost Writer", Polanski seakan-akan ingin mengingatkan kita dengan apa yang dulu Alfred Hitchcock sebut sebagai "pure filmmaking."


Sebuah pertanyaan bergulir: mengapa Tony Blair, selama masa jabatannya sebagai Perdana Menteri, seringkali selalu melakukan persis seperti apa yang diinginkan orang-orang di Gedung Putih? Dan pertanyaan itu pula lah yang boleh jadi menjadi pertanyaan besar dalam "The Ghost Writer", hingga The New Yorker menyebut film ini sebagai "an extraordinarily precise and well-made political thriller". Namun jangan salah sangka. Film ini tidak lantas semata-mata menjadi sajian tentang dunia politik (walau tema dan pesan yang diusungnya boleh jadi mengarah kesana). "The Ghost Writer" adalah sajian thriller yang cerdas, sesuatu yang sudah sangat dikuasai Roman Polanski sejak "Chinatown" (1974).

Seorang penulis, kita sebut saja The Ghost (Ewan McGregor), ia tak mengerti apapun soal politik, namun diminta untuk menulis buku biografi Adam Lang (Pierce Brosnan), seorang mantan Perdana Menteri Inggris (jelas terinspirasi dari Tony Blair) yang sialnya dianggap bermasalah. Lang kini hidup bersama istrinya, Ruth (Olivia Williams). Lang sendiri sebelumnya sudah menyewa penulis lain untuk menulis memoir-nya tersebut. Tapi sayang, sebelum memoir itu selesai ditulis, sang penulis mati tenggelam. Ini kematian yang tak wajar, dan The Ghost mencium ada yang tak beres. Di tengah upayanya merampungkan buku tersebut, ia juga harus menyusun teka-teki yang menyelimuti pekerjaan barunya itu-- karena toh, boleh jadi jiwanya sendiri juga sedang terancam.

Film ini diadaptasi dari novel karya Robert Harris, yang juga ikut membantu menulis naskahnya bersama Polanski. Harris jelas-jelas memasukan pararel tokoh rekaannya dengan Tony Blair dan kepemerintahan Bush, namun yang menarik adalah bagaimana Harris dan Polanski memasukan pararelnya dengan filter, sehingga tak semua penonton akan menyadari hal tersebut.


Polanski membawa influence Hitchcock di sini. Dengan arahan yang sangat baik, ia menggiring Ewan McGregor dalam kebingungan dan keputusasaan karakternya. Polanski tahu betul bagaimana men-direct aktornya dan membuat sajian thriller yang menarik. Ketimbang menyajikan kejutan dan action, Polanski lebih memilih untuk membangun suspense dengan tenang, perlahan, namun percaya diri. Para aktor dibiarkan berada dalam kekalutan pikirannya masing-masing. Ini menarik, kita seakan diajak bertanya-tanya tentang apa yang ada dalam benak setiap karakter. Ada rahasia di mata mereka. Begitu juga dengan setting dan atmosfirnya; pulau terpencil, pantai kosong dan hujan yang terus-menerus. Ada nuansa keterasingan yang dingin di sini lengkap dengan visual bernuansa abu-abu. Aura  sempurna untuk kisah dimana tak seorang pun yang lantas bisa mudah dipercaya.

"The Ghost Writer" begitu menarik. Ini jenis film yang berada dalam pakem konvensional dan dibuat sangat baik. Polanski di usia senjanya adalah sutradara veteran yang tak lekang jaman. Kita diajak ke masa lalu, masa dimana film berpegangan pada alur tiap momennya, bukan  gimmick tempelan belaka. Masa dimana ketegangan bersandar pada ritme editing yang sempurna, bukan hanya quick cutting semata. Film ini contoh yang sangat baik dan boleh jadi semacam pengingat, tentang apa pondasi yang membuat medium sinema menjadi meda seni yang luar biasa.



Director: Roman Polanski
Screenplay: Roman Polanski & Robert Harris
Cinematographer: Pawel Edelman
Cast: Ewan McGregor, Pierce Brosnan, Olivia Williams, Kim Cattrall
Award: Silver Berlin Bear "Best Director" |  Berlin International Film Festival

0 comments:

Post a Comment