8/15/2010

Video of the Day: Jean-Luc Godard's Homage to Eric Rohmer

Saya ingat sekitar pertengahan bulan Januari lalu membaca sebuah artikel di situs Guardian, "French film-maker Eric Rohmer dies aged 89."


Eric Rohmer adalah seorang sutradara Perancis yang bersama rekan-rekannya seperti Jean-Luc Godard, Francois Truffaut dan Claude Chabrol menjadi pionir dalam gerakan French new-wave. Thierry Fremaux, penyelenggara Cannes Film Festival, menyebut Rohmer sebagai filmmaker yang unik. "He proved that you can make great movies with small budgets," sahut Fremaux. "And that's good to keep in mind in the times we live in."

Sekitar satu bulan yang lalu saya sendiri menemukan video di bawah ini lewat situs Mubi. Sebuah homage-film yang dibuat sutradara Jean-Luc Godard untuk mengenang Rohmer

Hommage à Eric Rohmer by Jean-Luc Godard, 2010



Homage-film di atas dibuat Godard tak lama setelah kematian Rohmer, untuk kemudian diputar dalam even yang diselenggarakan Cinémathèque Française untuk mengenang Rohmer. Text-text yang ada dalam video di atas adalah judul-judul artikel yang pernah ditulis Rohmer saat ia menjadi kritikus di Cahiers du cinéma. Voice-over yang terdengar adalah suara Godard sendiri, yang boleh jadi bercerita tentang dirinya dan Rohmer: dua orang kawan, berbincang sepanjang malam, di sebuah cafe, di tempat makan, berkelakar mendiskusikan film... Godard berbicara tentang hal yang sangat personal, sangat sederhana dan intim, dan boleh jadi hanya ia dan Rohmer yang mengerti. Di akhir video kita melihat foto Rohmer, lengkap dengan tulisan nama asli Rohmer "Maurice Schérer". Lantas kita melihat Godard, berbicara di depan webcam-nya.

Footnote:
  • Untuk mencari terjemahan text dan voice-over dalam bahasa inggris, silahkan tengok di bagian comments artikel Mubi di sini.
  • Cek situs resmi Cinémathèque Française di sini untuk melihat video-video lain dari Toubiana, Douchet, Chabrol, dan Barbet Schroeder.

0 comments:

Post a Comment