8/06/2010

To begin... To begin... How to start?

"To begin... To begin... How to start? I'm hungry. I should get coffee. Coffee would help me think. Maybe I should write something first, then reward myself with coffee. Coffee and a muffin. Okay, so I need to establish the themes. Maybe a banana-nut. That's a good muffin."
Nicolas Cage as Charlie Kaufman in Adaptation (2002) a great film by Spike Jonze


Memulai sesuatu rasanya memang hal yang melelahkan-- terutama untuk orang sepemalas saya, tapi toh memang harus dilakukan. "Setiap perjalanan dimulai dengan satu langkah," begitu biasanya orang-orang bijak berkelakar, dan saya tahu betul harus setuju dengan pendapat itu.

Rasanya sudah bertahun-tahun sejak pertama kali saya berniat untuk membuat blog ini, blog khusus film, untuk berbicara soal film, berkelakar SOK PALING TAHU tentang film. Sayangnya niat mulia tersebut baru saya laksanakan beberapa bulan lalu--- bukan karena sibuk, tapi karena malas. Saya ingat beberapa bulan lalu mulai membuat akun untuk blog ini, lalu sedikit mengotak-ngatik tampilannya untuk kemudian kembali ditinggalkan--- apa mau dikata, toh saya waktu itu memang tak tahu harus mengisi blog ini dengan apa. Tapi sudahlah, kita lupakan masalah mulai-memulai ini (rasanya kok malah jadi ndak mulai-mulai), toh sekarang saya di sini, sedang menulis ini.

So, "film lovers are sick people," begitu sahut Francois Truffaut sang sesepuh gerakan French New Wave. Entah apa yang ada di pikiran beliau saat berkata demikian. Bukankah ia sendiri adalah seorang sutradara film? Bukankah beliau juga seorang kritikus film? Jika begitu, bukankah ia sendiri termasuk pecinta film? Lalu apa gunanya mengolok-olok diri sendiri? Lantas pertanyaan kembali bergulir; apa yang ada di pikiran saya saat memutuskan untuk menjadikan kalimat sinting tersebut sebagai judul blog ini?

Dan jawabannya: entahlah, mungkin karena itu adalah kalimat yang diucapkan seorang Truffaut, atau mungkin karena nyempil kata "film" di situ, atau mungkin hanya karena terdengar keren saja--- entahlah, saya sendiri tidak tahu pasti. Or maybe just because I'm sick... just as Mr. Truffaut says.


0 comments:

Post a Comment