8/13/2010

I'm Here (2010)


I'm Here
Spike Jonze, USA, 2010
29 min/Color/Short Film
Watch Online: Here

Film pendek berdurasi 29 menit dari Spike Jonze, sutradara Being John Malkovich (1999), Adaptation (2002), Where the Wild Things Are (2009) dan beberapa video musik untuk artis-artis seperti Sonic Youth, Beasty Boys dan Weezer. Sebuah fabel manis tentang sepotong kehidupan dimana robot dan manusia hidup berdampingan.

Sheldon (Andrew Garfield) adalah robot. Hidup sendiri dan bekerja di sebuah perpustakaan, ia menjalani kehidupan yang boleh jadi terasa membosankan. Namun kita bisa melihat semangat di diri Sheldon, sebuah keinginan untuk keluar dari rutinitas. Sheldon membutuhkan petualangan, atau setidaknya seorang teman. Suatu hari di sebuah tempat pemberhentian bus, Sheldon bertemu Francesca (Sienna Guillory), robot perempuan yang sialnya sedang diteriaki nenek-nenek tua renta, "You can't drive a car," sahut sang nenek memarahi Francesca, "you're not allow to drive a car!" Francesca adalah robot pembangkang, ia tak menghiraukan ocehan sang nenek dan segera tancap gas dengan mobilnya. Sheldon yang kikuk hanya bisa memandang kagum atas keberanian Francesca. Kedua robot itu akhirnya bertemu kembali di kemudian hari, untuk lantas menghabiskan waktu bersama, hingga akhirnya saling jatuh cinta. Tentu saja bukan cinta namanya jika tak ada pengorbanan. Francesca adalah robot yang ceroboh, dan kecerobohannya mengharuskan Sheldon untuk berkorban.


I'm Here adalah film pendek yang efektif. Efektifitas di sini tergambar dalam penyajian karakter dan momen-momennya. Karakter Sheldon digambarkan dengan sederhana, mata sayu dan senyum canggung lengkap dengan kepala berbentuk CPU usang. Apartemen Sheldon kosong melompong, penggambaran simple potret kesendirian dan kesepiannya di dunia yang jelas lebih besar dari bayangannya. Di sisi lain Francesca seakan berseberangan dari eksistensi Sheldon. Francesca adalah robot yang modern, liar dan menyenangkan. Kedua karakter dan hubungan mereka inilah yang menjadi kunci film ini. Tanpa penggambaran berlebihan Jonze berhasil menyajikan sebuah cerita manis, menyentuh dan mengharukan tentang kekuatan cinta.

0 comments:

Post a Comment